Sabtu, 30 Januari 2016

Cara Membetulkan Mesin Cuci Merk "SANYO" Yang Air nya Tersumbat

Mungkin anda semua bingung apa penyebab air di dalam mesin cuci tersumbat atau tidak bisa keluar ketika anda ingin membuangnya. Atau malah justru sebaliknya, mengapa air keluar terus sedangkan knop pemutarnya jelas-jelas berada di posisi off. 
Penyebab dan solusi nya akan saja jelaskan dibawah ini. Oh iya sebelumnya, artikel ini ditujukan untuk jenis mesin cuci model Twin Tube. Karena saya menggunakan mesin cuci model ini, dan saya belum pernah mempraktekanya untuk model mesin cuci yang lainnya.
ini model mesin cuci twin tube
Mesin Cuci Twin Tube adalah mesin cuci yang paling banyak dipakai, keunggulan dari mesin cuci ini adalah dari segi harga yang terjangkau dan cara pemakaiannya yang mudah sehingga siapa saja bisa menggunakannya, tinggal mengisi air sesuai kebutuhan pada tabung pencuci nya kemudian masukan pakaian, sabun dan putar timer nya sesuai kebutuhan, setelah proses mencuci selesai bilas dan peras dengan cara memindahkan cucian ke bagian pengering, memang sedikit ribet karena masih harus membilas dan memindahkan cucian ketika hendak dikeringkan.
Baiklah, tidak usah panjang lebar, ini dia penyebab mengapa air di dalam mesin cuci tersumbat atau tidak bisa keluar ketika anda ingin membuangnya airnya.
Penyebab air di dalam tempat cucian tidak bisa keluar disebabkan beberapa faktor antara lain:
Pertama, Biasanya karena saringan kotoran yang ada di dalam mesin cuci sudah rusak atau belum pernah di buka sebelumnya. 
saringan kotoran yang menempel di dinding mesin cuci
Saringan kotoran ini biasanya berada di dinding dalam sebelah kanan tempat untuk menaruh pakaian yang akan di cuci. Fungsi saringan ini adalah untuk menyaring kotoran-kotoran saat proses mencuci berlangsung. Jadi secara otomatis kotoran-kotoran kasar yang ada di pakaian akan tersaring dengan sendirinya lewat bantuan air dan masuk ke perangkap saringan tersebut.
namun banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara membersihkan saringan tersebut, alhasil selalu dibiarkan saja tanpa dikuras isi kotoranya. Jika seperti itu akan menyebabkan kotoran saringan menumpuk berbulan-bulan dan menyebabkan kemampetan.
Solusi: Buka katup yang ada di ujung-ujung saringan tersebut, tarik dengan keras katup yang ada di kedua ujung saringan kotoran. Kemudian bersihkan dengan air. Jangan lupa ambil kotoran-kotoran yang menyumbat.
Kedua: Biasanya karena roda pemutar yang ada di dalam mesin cuci tersendat koin.
lubang di samping gambar yang biru-biru tersebut yang biasanya tempat masuknya koin
Penyebab yang ke dua biasanya karena sisi-sisi yang ada di roda pemutar tersendat koin dan semacamnya.  Koin-koin tipis yang sering tertinggal di saku biasanya akan mudah jatuh dan masuk di samping celah-celah roda pemutar. Alhasil ketika koin benar-benar masuk, maka akan menyumbat gerakan putar mesin cuci dan sering pula memyebabkan mampetnya air menuju ke tempat pembuangan.
Solusi: buka tengah-tengah roda pemutar menggunakan obeng. Congkel dengan kuat-kuat menggunakan obeng. Jika berhasil terbuka ambil semua benda-benda penyumbat dan bersihkan.
Ketiga: Biasanya per penutup dan pembuka saluran buangan air yang ada di belakang mesin cuci sudah kendor atau tidak elastis lagi.
Tarik-tarik per mesin agar elastis lagi

Penyebab ketiga adalah biasanya per yang ada di belakang mesin cuci, yang terhubung dengan knop pemutar on atau off dalm pembuangan air sudah sedikit usang. Maka jika air cucian anda tidak bisa terbuang bisa periksa bagian tersebut.
Solusi: Buka penutup kerangka mesin pada bagian belakang mesin cuci menggunakan obeng, kemudian tarik-tarik per yang berguna sebagai pembuka dan penutup pembuangan air agar kembali elastis.
Bagaimana menurut kalian, cukup mudah bukan. Semoga artikel ini cukup membantu.
Sumber ini pengalam pribadi sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar