Senin, 08 Februari 2016

Terjemah Sullam At-Taufiq - MUQODDIMAH KITAB SULLAM AT-TAUFIQ


 


.: MUQODDIMAH :.


بسم الله الر حمن الر حيم
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi MAha Penyayang. (Dialah Dzat yang telah memberi nikmat kepada kita, baik nikmat yang disertai dengan usaha kita maupun tidak. Dengan kemurahan-Nya melengkapi anggota tubuh kita yang sangat banyak gunanya dan penuh dengan rahasia yang sangat mendalam).
الحمد لله رب العالمين
Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam. (Perlu diketahui bahwa puji itu ada empat macam, yaitu : puji Allah kepada Dzat-Nya, puji makhluk kepada-Nya, puji Allah kepada makhluk-Nya dan puji makhluk terhadap makhluk. Semua itu pada hakikatnya kembali kepada Allah juga, sebab Dialah yang menciptakannya).
وأشهد أن لااله الا الله وحده لاشريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله صلى الله عليه وسلم وعلى اله وصحبه والتابعين
Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa. Tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi, bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusan-Nya. Rahmat dan kebahagiaan semoga dilimpahkan kepadanya dan seluruh keluarga, para sahabat serta pengikutnya.
أما بعد فهذا جزء لطيف يسره الله تعالى فيما يجب تعلمه وتعليمه والعمل به للخص والعام
Amma Ba'du :
Buku ini merupakan sebagian kecil yang pelik, yang menerangkan perkara yang wajib dikaji dan dipelajari serta diamalkan bagi orang yang mengerti maupun yang belum memahaminya. Semoga Allah SWT memudahkanny, amiiin.
والواجب ماوعد الله فاعله بالثواب وتوعد تاركه بالعقاب
Yang disebut wajibialah setiap perkara yang Allah telah menjanjikan pahala bagi orang yang mengerjakan dan meninggalkannya akan mendapatkan siksa.
أسأل الله الكريم أن يجعل ذالك منه وله وفيه وإليه وموجبا للقرب والزلفى لديه
Aku namai kitab ini dengan Sullamut Taufiq yang artinya tangga pertolongan untuk mencintai Allah dengan sebenar-benarnya. Aku memohon kepada Allah SWT, semoga buku ini mendapat ridha-Nya. Ia jadikan sebagai amal sholeh yang dapat meraih pahala yang ada di sisi-Nya dan menjadi sebab untuk mendekatkan diri (taqorrub) kepada-Nya serta mendapat tempat di haribaan-Nya kelak.
وأن يوفق من وقف عليه بالعمل بمقتضاه ثم الترقى بالتودد بالنوافل ليحوز حبه وولاه
Semoga Allah menolong orang yang menelaah kitab ini untuk mengamalkan tujuan dan isinya, melaksanakan kewajiban serta meninggalkan segala larangan Allah, menyukai pekerjaan yang sunah agar ia mendapatkan cinta Allah dan pertolongan-Nya.
Keterangan :
Barang siapa yang telah mampu meningkatkan amal ibadahnya dari yang wajib sampai yang sunah, maka Allah berfirman dalam hadits Qudsi : 
لايزال العبد يتقرب إلي بالنوافل حتى أحبه فإذا أحببته كنت سمعه الذى يسمع به ويبصره الذى يبصربه ولسانه الذى ينطق به ويده التى يبطش بها ورجله التى يمشى بها
"Seorang hamba yang senantiasa mendekatkan dirinya kepada-Ku dengan mengerjakan sunah sehingga Aku mencintainya, maka bila aku telah mencintai dia, Akulah yang menjaga pendengarannya bila ia mendengar, menjaga penglihatannya bila ia melihat, menjaga lisannya bila ia mengucap, mejaga tangannya bila ia akan menempeleng dan menjaga kakinya bila ia melangkah."
Maksudnya : Akulah (Allah SWT) yang menjaga pendengarannya, lisannya, penglihatannya, tangan dan kakinya dari suatu maksud yang tidak Aku (Allah) ridhai. Demikian penjelasan Syekh Ahmad Nahrawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar