Sabtu, 22 November 2014

Diabetes Tipe 2

Diabetes-Tipe2
Diabetes Tipe 2
Diabetes Tipe 2: Fakta Yang Wajib Kita Tahu!
Apa sebenarnya diabetes tipe dua yang juga disebut diabetes melitus?
Tidak memiliki gangguan sistem imun tubuh seperti yang menyebabkan diabetes tipe 1, bukan berarti kita langsung aman dari diabetes. Kita bisa saja terkena diabetes tipe 2. Realitanya, diabetes tipe 2 justru tipe yang paling umum menyerang kita, yaitu sekitar 90 % dari total penderita diabetes. Inilah beberapa fakta penting yang wajib kita ketahui mengenai diabetes tipe 2:
·         Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh sulit menggunakan insulin dalam mengontrol kadar gula darah.
·         Hal tersebut terjadi karena sel-sel tubuh tidak peka terhadap insulin atau apabila pankreas Anda tidak menghasilkan insulin dalam jumlah memadai.
·         Salah satu penyebab utama yang mengganggu kerja insulin tersebut yaitu kegemukan.
·         Efeknya, kita merasa lemas karena karbohidrat (glukosa) yang dikonsumsi tidak bisa diubah jadi energi! Selain itu, kadar gula yang tinggi pun berdampak pada gangguan kesehatan dan komplikasi diabetes seperti jantung, stroke, ginjal, bahkan kebutaan.
·         Biasanya penderita diabetes tipe 2 tidak mutlak membutuhkan suntikan insulin karena pankreasnya masih bekerja menghasilkan insulin, walaupun dengan jumlah yang tidak memadai.
·         Bagi Anda yang didiagnosa terkena diabetes tipe 2, menurunkan berat badan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kepekaan sel tubuh terhadap insulin. Hasilnya, insulin bisa lebih dimanfaatkan untuk mengubah karbohidrat (glukosa) jadi energi.
·         Pengaturan pola makan dan aktivitas fisik pun terbukti efektif dalam mencegah komplikasi diabetes.
·         Selama Anda dapat mengontrol kadar gula darah selalu berada pada batas normal, Anda pun tidak perlu tergantung pada obat-obat diabetes!
Mau terhindar dari diabetes tipe 2? Jalani gaya hidup sehat yang fun! Perbanyak olahraga yang Anda suka, bebas mau outdoor ataupun indoor. Jaga juga pola makan seimbang- bukan diet super ketat hanya makan 1 kali sehari! Plus, hindari karbohidrat dan lemak berlebih (Dapatkan informasi tentang pola makan seimbang di Cegah Diabetes Sejak Dini: All About Nutrition Yang tidak kalah penting, jangan kalah oleh stress Anda. Your life is in your hand!
References:
1.       Guide to Living With Diabetes. 2006.
2.       Diabetes? Siapa Takut! 2009
3.       JAMA 292: 927-934. 2004.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar